images (4)Bagi Anda Orang Tua yang mengalami Kesulitan terhadap Anak Anda yang sulit makan, atau Tidak mau makan sayur, anda perlu membaca artikel ini.

Masa anak-anak adalah masa yang sangat penting dalam pertumbuhan dan menentukan kualitas kesehatan dimasa remaja dan dewasa kelak. Wajar orang tua akan sangat merasa khawatir jika anaknya malas makan. Mungkin banyak orang tua yang kurang mau tau penyebab anaknya malas makan dan hanya mengandalkan otoritasnya untuk memaksa anak makan, yang terjadi bukannya anak menuruti orang tuanya tetapi bisa-bisa makin tidak mau makan. Untuk itu perlu orang tua untuk mengetahui penyebab anak-anaknya malas makan.

Beberapa kemungkinan penyebab anak malas makan seperti yang diungkapkan Dr Vimaladewi Lukito, SpA yaitu : Pertama adanya Kelainan Cerebral Palsy yaitu gangguan otot dan syaraf yang menyebabkan pergerakan motorik pada daerah sekitar mulut terganggu. Keadaan ini menjadikan aktifitas makan yang tidak menyenangkan bagi anak. Kedua adanya penyakit seperti gangguan saluran pencernaan (perut kembung, sering cegukan, sering buang angin, sering muntah atau hendak muntah bila disuapi makanan, gampang muntah terutama bila menangis, berteriak, tertawa, berlari, atau marah). Penyakit yang lain seperti infeksi akut atau kronis (TBC, cacing, dan lain-lain), alergi ataupun intoleransi terhadap makanan tertentu. Ketiga Picky eaters atau pemilihan makanan yang mempengaruhi kesukaan anak, tampilan makanan yang disajikan kurang menarik, anak ingin mencari perhatian atau pun karena ketidaksukaan terhadap satu anggota keluarga.

Orang tua harus mampu dan mau mencari tahu apa diantara penyebab anaknya malas makan. Dengan demkian penanganannya bisa tepat. Misalkan anak sakit atau ada gangguan kesehatan agar bisa konsultasi dengan dokter. Orang tua juga dapat memperhatikan hal-hal yang bisa memotivasi anak seperti diberikan dalam porsi kecil sehingga dapat dihabiskan dan saat itu berikan apresiasi sehingga anak menjadi bangga, atau diberikan kesempatan untuk memilih porsi makanan sendiri, memperhatikan suasan meja makan yang disesuaikan dengan kondisi anak baik piring, gelas, tempat duduk dll.

Setiap individu mempunyai bakat untuk tidak menyukai satu atau dua jenis makanan, dan ini adalah normal (Prof Ali Khomsan, ahli gizi dari IPB). Mungkin demikian juga halnya dengan anak yang tidak menyukai makanan tertentu seperti sayur. Tidak suka sayuran harus disiasati karena sayur penting sebagai sumber berbagai vitamin, mineral, serat dan zat penting lainnya. Kekurangan zat gizi ini bisa menghambat pertumbuhan yang signifikan. Menyediakan berbagai jenis buah bisa menjadi alternatif atau juga dengan makanan fungsional, makanan tambahan mempunyai kandungan sama seperti pada sayur dan buah. SGF yang berbahan alga clorella dan spirulina alami mengandung semua jenis vitamin dan mineral penting untuk kesehatan. Bahkan dengan vitamin B nya yang sangat lengkap bisa memperbaiki metabolisme zat gizi dalam tubuh dan juga membantu memperbaiki nafsu makan termasuk untuk anak-anak.

Disarankan memberi tambahan Suplemen yang berbahan alga clorella dan spirulina, karena alami mengandung semua jenis vitamin dan mineral penting untuk kesehatan. Bahkan dengan vitamin B nya yang sangat lengkap bisa memperbaiki metabolisme zat gizi dalam tubuh dan juga membantu memperbaiki nafsu makan termasuk untuk anak-anak

Halaman ini ditemukan Google dengan Kata Kunci:

  • data penderita diabetes militus menurut badan pusat statistik indonesia tahun 2013
  • data-data WHO tahun 2013 penderita diabetes
  • data statistik kejadian DM di indonesia tahun 2010
  • data dunia diabetes tahun 2013
  • prevalensi diabetes melitus di indonesia tahun 2013 menurut who
  • jumlah penyandang DM di indonesia tahun 2013
  • data-data tentang angka kejadian diabetes melitus di indonesia
  • Data WHO tentang Diabetes Melitus jumlah penderita di dunia dan di Indonesia pada tahun 2013
  • data who tentang diabetes melitus di dunia 2013
  • Data penyakit diabetes melitus di indonesia tahun 2013